SUKSES SELALU BUAT REKAN-REKAN ALUMNI STM NEGERI CURUP

Sabtu, 06 November 2010

Dasar PLC Edisi Pertama


. PLC (Programmable Logic Controller)
PLC (Programmable Logic Controller) adalah suatu alat yang berfungsi sebagai kendali terprogram secara logika yang dapat digunakan untuk melakukan kendali, baik penerangan maupun tenaga. Karena sifatnya dapat diprogram, maka PLC ampu melakukan kendali secara otomatis yang dapat diterapkan pada rangkaian sederhana maupun pada rangkaian yang rumit. Pada modul ini akan dibahas PLC produk OMRON jenis CPM2A dan PLC ZEN OMRON yang merupakan simulasi program. Konstruksi kedua PLC tersebut dapat di lihat pada gambar berikut ini.




Satu unit PLC terdiri dari bagian hardware dan software. Hardware adalah semua komponen yang ada di mesin PLC, baik komponen mekanik maupun elektronik. Hardware ini terdiri dari bagian-bagian lainnya seperti :
? CPU (Central Processing Unit) merupakan unit pemroses data yang digunakan untuk melakukan pengolahan data dalam PLC. Central Processing Unit ini merupakan sebuah mikroprosesor.
? Memori merupakan bagian dari PLC yang dapat membaca atau menyimpan data baik sementara ataupun tetap sesuai dengan jenis memorinya. Ada beberapa jenis memori yaitu : RAM, ROM, EPROM dan EEPROM
• RAM (Random Access Memory) adalah memori yang dapat dibaca dan ditulis.
• ROM (Read Only Memory) adalah memori yang dapat membaca
• EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah memori yang dapat diprogram dengan eprom writer
• EEPROM (Electrical Erasable Programmable Read Only Memory) adalah memory untuk penyimpananyang permanen dan sekaligus dapat diubah dengan mudah.
? Inputinterface atau signal input dapat berupa limit switch sensor photoelectric switch, proximity switch, push botton dan lain sebagainya. Signal input ini berfungsi untuk memberitahukan kepada PLC tentang status dari sistem yang dikontrol.




? Output atau signal output dapat berupa silinder pneumatik, motor listrik, heater, selenoid, lampu, led display,

1 komentar: